Desain Web Ux: Beberapa Elemen Untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna

jasa web – Agar situs web dapat menarik lalu lintas dan memotivasi orang untuk menelusuri, situs tersebut harus ‘ramah pengguna’ atau mudah digunakan. Inilah sebabnya mengapa desain web UX lahir , berorientasi pada pengalaman pengguna. Pendekatan ini berupaya meningkatkan kegunaan, aksesibilitas, dan kepuasan kunjungan saat berinteraksi dengan halaman atau toko online.

Kegunaan desain berkaitan dengan kemudahan penggunaan situs web. Ini penting karena itulah yang memotivasi pengguna untuk tetap tinggal dan melakukan tindakan yang diharapkan (pendaftaran, pengunduhan, pembelian, antara lain). Untuk mencapai pengalaman positif ini, Jakob Nielsen, seorang ahli dalam kegunaan web, mengusulkan 10 aturan atau prinsip yang akan membantu Anda membuat situs web ux untuk mencapai penerimaan pengguna yang lebih besar.

10 Elemen kunci untuk meningkatkan pengalaman pengguna
Visibilitas
Prinsip ini menunjukkan bahwa platform harus menginformasikan kepada pengguna tentang apa yang terjadi di halaman, seiring perkembangannya, baik melalui pernyataan, komentar, atau tindakan yang memungkinkan mereka mengetahui status tindakan yang diambil dan semuanya dalam waktu yang wajar.

Bahasa
Untuk menonjol Anda harus terhubung dengan pengguna dan untuk ini sangat penting untuk berbicara dalam bahasa yang dia gunakan. Artinya, gunakan kata atau frasa yang mudah Anda kenali dan bukan dengan istilah pemrograman terkait sistem. Penting untuk mengikuti konvensi dunia nyata sehingga informasi ditampilkan dalam urutan yang wajar dan logis untuk kunjungan.

Kesederhanaan
Pengguna dapat memilih beberapa fungsi atau rute secara tidak sengaja, sehingga mereka harus memiliki “keluar darurat” yang ditandai dengan baik untuk kembali ke halaman atau tindakan yang diinginkan, tetapi tanpa harus melalui terlalu banyak langkah. Rekomendasi terbaik adalah mengandalkan fungsi sederhana seperti undo dan redo atau buat bilah menu terlihat setiap saat.

Konsistensi
Prinsip keempat Nielsen berkaitan dengan standar. Pengguna tidak perlu bertanya-tanya apakah kata, tindakan, atau situasi yang berbeda memiliki arti yang sama. Oleh karena itu, yang terbaik adalah mengikuti konvensi platform. Lebih baik menggunakan standar daripada terlalu banyak berinovasi dan berisiko bahwa desain tidak berfungsi dengan membingungkan pengguna dengan terlalu banyak elemen atau istilah.

Pencegahan
Pencegahan adalah solusi terbaik. Inilah sebabnya mengapa desain web UX harus dikembangkan untuk mencegah terjadinya kesalahan. Oleh karena itu disarankan untuk menghilangkan kondisi yang sangat berat dan rentan terhadap kesalahan atau memverifikasinya dan memperkenalkan opsi yang mencegah terjadinya.

Pengakuan
Minimalkan jumlah memori yang harus digunakan pengguna dengan membuat objek, tindakan, dan opsi terlihat. Orang yang menggunakan web tidak perlu mengingat informasi yang diberikan kepada mereka sebagai bagian dari proses. Oleh karena itu, petunjuk penggunaan sistem harus terlihat atau mudah diambil kembali bila diperlukan.

Fleksibilitas
Elemen lain yang meningkatkan pengalaman pengguna di web adalah akselerator. Mereka biasanya tidak digunakan oleh pengguna pemula, tetapi digunakan oleh pengguna berpengalaman, karena membuat penggunaan sistem lebih mudah dan lebih cepat. Faktor ini penting terutama mengingat banyak saluran akses ke web.

Minimalisme
Dialog di situs web Anda harus memperhatikan apa yang ditampilkannya. Ini tidak boleh berisi informasi yang tidak relevan atau sedikit digunakan. Setiap unit informasi bersaing dengan unit lain, yang berarti bahwa jika Anda menambahkan banyak bagian dengan sedikit relevansi, Anda dapat mengurangi visibilitas informasi yang penting bagi pengguna.

Resolusi
Pesan kesalahan harus ditampilkan dalam bahasa sederhana, yaitu tanpa kode. Ini harus selalu memandu pengguna tanpa menimbulkan dampak negatif. Kuncinya adalah menunjukkan masalah secara akurat, tetapi gunakan kesempatan untuk menyarankan solusi yang konstruktif.

Membantu
Kebanyakan sistem mudah digunakan, terutama jika prinsip-prinsip di atas diterapkan. Tetapi bahkan jika suatu sistem dapat digunakan tanpa dokumentasi, dalam beberapa kasus bantuan mungkin diperlukan. Oleh karena itu, saat mendesain halaman web UX, dokumentasi yang tepat harus disediakan untuk membantu pengguna memahami cara kerjanya.

Tim multidisiplin dapat menawarkan hasil yang lebih kreatif dan berbeda. Memiliki dukungan juga akan memungkinkan Anda untuk menjadi lebih terlibat dalam tugas-tugas strategis dan perencanaan serta mendelegasikan pelaksanaan kepada para ahli.

Hindari “Spam”
Bahkan jika Anda telah memperoleh nomor mereka sepenuhnya secara legal dan sukarela, banyak klien atau prospek tidak akan memiliki nomor telepon Anda yang terdaftar.

Baik dengan tanda tangan di akhir pesan atau di samping salam, kenali diri Anda agar konsumen tahu bahwa pesan itu milik Anda.

Selain itu, dianjurkan untuk menggunakan nama penerima bila memungkinkan dan memperhatikan waktu pengiriman pesan. Tidak ada yang ingin dibangunkan pada jam 4:30 pagi oleh pengingat cucian mereka.

Pilih alat profesional
Jika Anda adalah pemilik usaha kecil, pengusaha atau wiraswasta, Anda dapat memilih untuk melakukannya sendiri ketika basis klien Anda kecil dan semua orang berada di wilayah geografis yang terbatas. Namun, pemasaran SMS jauh lebih mudah jika Anda menggunakan strategi otomatisasi.

Desain web UXPenerapan elemen desain web UX ini akan membantu meningkatkan pengalaman kunjungan Anda di situs web Anda. Hasil dari ini akan lebih banyak lalu lintas dan penurunan rasio pentalan. Semua ini akan mempengaruhi perolehan klien potensial dan peningkatan penjualan. Jika Anda memerlukan bantuan untuk menerapkan rekomendasi ini dalam desain atau desain ulang situs web atau e-niaga Anda, di Jasa pembuat website Digital kami dapat membantu Anda.

Leave a Comment